Rabu, 23 November 2011

Iklan di Era New Media

Date      : Rabu, 23 November 2011
Place     : Universitas Tarumanagara
Time      : 13.10-14.50 WIB
Sources : Bpk. Suwarjono, Managing Director VivaNews.com

Sedikit latar belakang nara sumber kita adalah seorang yang pernah menjadi wartawan selama 18 tahun, menangani grup Viva yang terdiri dari TV One, ANTV dan Vivanews.com. Beliau juga pernah bekerja selama 3 tahun di Detik.com. Kecintaanya akan media baru membuatnya mengangkat topik ini di kelas kami.

Industri di masa depan bukan lagi mencetak koran atau majalah tetapi melalui new media (internet). Dunia yang akan kita jumpai nantinya adalah 3 screen atau 3 layar, yaitu layar komputer, layar tv, dan layar handphone.

Di Indonesia, jejaring sosial atau media baru yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter, Blogspot, internet mobile, dan Handphone. Berdasarkan Survey, Facebook merupakan situs yang paling banyak dipakai oleh orang Indonesia. Blogspot dan Facebook kin telah menjadi citra diri kita.
• Pengakses internet via desktop sebesar 34 juta (terbesar kelima di dunia)
• Pengguna Facebook 30,1 juta (terbesar kedua di dunia)
• Penguna Twitter 6,2 juta (terbesar di dunia)
• Blogger 2,7 juta
• Pengguna internet mobile 25 juta (any gadget)
• Pengguna Handphone 105 juta
(sumber by alexa.com)

Grafik pengguna Facebook terbesar adalah usia 14 – 17 tahun dan usia 18 – 24 tahun dengan persentase pria sebesar 41% dan wanita sebesar 59%.
Mengapa industri internet dapat berkembang demikian pesat ?
- Tarif semakin murah
- Jaringan global
- Teknologi mampu menampilkan semua jenis informasi
- Bisinis media online tumbuh
- Akses mobile bertumbuh

Selain itu kelebihan online yang tidak dapat dimediakan yaitu komunikasi secara dua arah, berita yang dimuat dapat dikomunikasikan secara langsung (diberi feedback)

Group Trans Corp membeli Detik.com, hal ini terjadi karena pola masyarakat berubah. Koran berfungsi untuk mendapatkan informasi, namun sekarang informasi dapat diakses dengan cepat, mudah, dan murah. Namun buku akan tetap ada ke depannya karena buku tetap diperlukan untuk pendidikan / pembelajaran, analisis, database, dan sebagainya.

11 Stasiun TV Nasional kemungkinan tidak akan ditambah karena problem frekuensi, stasiun TV lokal yang masih mempunyai kemungkinan bermunculan.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui Karakter Online :
1. Content Platform is the King ?
2. User Behaviour ( online atau offline)
3. Statistic (Traffic tinggi atau rendah- dapat berpengaruh ke iklan yang masuk)
4. Marketing (jitukah strateginya)
5. Technology
6. Make money (ide kreatif)
7. Culture (dunia cepat berubah, sesuaikan)

By : Stephanie WS
-Thank You-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar